Rabu, 11 Februari 2009

Teknologi Probiotik dan Keseimbangan Bakteri Percernaan

KONDISI pencernaan manusia memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, meskipun usia seseorang kian senja. Hal ini terbukti dari hasil penelitian terhadap manusia yang mampu mencapai usia lebih dari 80 tahun. Ternyata mereka memiliki kebiasaan selain banyak tertawa,
denyut jantung yang teratur dan tidak deras, juga jarang mengalami gangguan pencernaan. Terkait dengan gangguan pencernaan, menurut beberapa penelitian, ternyata gangguan pencernaan banyak disebabkan bakteri pathogen (penyebab penyakit). Bifidobacterium merupakan bakteri menguntungkan. Bayi yang mengkonsumsi ASI memiliki 92% bakteri itu.

Jika mulai besar dan minum susu kaleng atau makanan lainnya, jumlah bakteri berkurang menjadi 20%. Sebaliknya jumlah bakteri E. coli yang menyebabkan penyakit, bertambah dari 4% menjadi 24%, sehingga anak-anak yang mulai besar akan banyak mengalami masalah pencernaan. Saat dewasa, jumlah bakteri Bifi do semakin berkurang menjadi tinggal 7%. Sebaliknya, bakteri pathogen justru bertambah. Semakin lanjut usia seseorang, semakin banyak masalah sembelit dan gangguan pencernaan yang dideritanya. Menyikapi fakta tersebut, ada pertanyaan yang harus diketahui : bagaimana sebenarnya “kisah” bakteri usus dalam system pencernaan manusia? Dan bagaimana caranya untuk mencapai kondisi sistem pencernaan yang sehat? Kalau diteliti, di dalam tubuh manusia ada “rumah” berbagai bakteri, berupa saluran pencernaan manusia yang panjangnya mencapai 9 meter (dari mulut hingga saluran pembuangan).

Dalam setiap 1 milimeter air liur saja, ternyata ditemukan sekitar 100juta bakteri. Sedangkan di dalam usus wanita dewasa terdapat sekitar 0,8 kg bakteri. Berbicara mengenai bakteri, anda jangan langsung menghubungkan dengan hal-hal yang merugikan kesehatan. Sebab, dalam tubuh manusia ada dua jenis bakteri, yaitu bakteri jahat dan baik. Adapun prosesnya, secara sederhana dapat digambarkan bahwa bakteri masuk ke dalam usus bersama makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sepanjang perjalanannya, bakteri mengalami berbagai hambatan. Pada saat memasuki lambung, sebagian besar bakteri mati oleh asam lambung (HCL).

Hambatan berikutnya terjadi dalam usus halus, terutama usus dua belas jari (duodenum), pelepasan cairan empedu dan pankreas yang berguna untuk mencerna lemak, protein, serta gula, juga mematikan sejumlah bakteri. Tapi, pada ujung usus halus, yaitu ileum dan jejunum, terjadi proses penetralan isi usus oleh getah pencernaan. Kondisi ini, ditambah dengan lambatnya laju pergerakan isi usus, membuka kesempatan bagi bakteri yang bertahan untuk berkembang biak. Terkait bakteri yang hidup di ujung usus halus, menurut Prof Dr FG Winarno (2003),untuk bakteri yang baik itu bertugas memproduksi zat gizi esensial seperti vitamin dan asam organik, untuk diserap dan dimanfaatkan oleh epitel dinding usus dan organ vital tubuh lainnya, seperti hati. Sedangkan bakteri jahat akan membentuk senyawa busuk yang didetoksifi kasi dalam hati dan dikeluarkan melalui tinja dan urine. Bila jumlah senyawa busuk ini sangat banyak, berarti proses detoksiIIkasi tidak berjalan sempuma. Sebagian besar senyawa ini akan masuk ke dalam darah dan beredar ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai penyakit dan mempercepat proses penuaan.

Menjaga keseimbangan bakteri’
Menyikapi pergolakan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus halus manusia, hat terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi kesehatan usus agar tetap aman. Dalam konteks mi, menurut Dr Muhammad Yazid Manap, PhD, pakar probiotik dari Universitas Putra, Malaysia, yang terpenting dalam menjaga kesehatan usus adalah menjaga keseimbangan bakteri usus. Keseimbangan yang baik adalah 80 : 20 (80 persen bakteri baik/anaerobic dan 20 persen bakteri tidak baik/aerobic).

Perbandingan ini terdapat pada bayi yang 100 persen mengonsumsi ASI. 20 persen bakteri aerobic tetap dibutuhkan untuk gerak peristaltic usus. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah dikembangkan pangan fungsional yang menggunakan mikroorganisme dalam makanan. Hasil penelitian di bidang pangan fungsional yang berkembang pesat saat ini adalah berupa probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah bakteri hidup dalam makanan yang apabila dimakan dapat menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Dalam arti lain, probiotik ini merupakan jenis pangan dengan kandungan bakteri hidup yang tahan melewati rintangan fi sik dan kimia dalam saluran pencernaan. Bakteri yang dititipkan dalam pangan ini kemudian aktif berbiak membentuk koloni yang melapisi bagian dalam usus. Adapun jenis pangan fungsional probiotik yang telah dikembangkan adalah susu dan olahan fermentasinya, seperti yoghurt dan es krim (baik cair maupun serbuk). Sementara itu, prebiotik adalah baban makanan bagi bakteri probiotik agar tumbuh subur dalam pencernaan. Pangan prebiotik berisi serat yang tidak dapat dicerna, namun dapat difermentasi menjadi hidangan untuk menstimulasi kehidupan bakteri usus yang menguntungkan. Contoh makanan prebiotik adalah serat pangan (dietary fi ber), yaitu buah-buahan, sayuran, kacangkacangan, dan bij i-bij ian.

Menurut Muhammad Yazid Manap, sebenarnya penggunaan mikroorganisme dalam makanan telab lama dilakukan manusia, dengan dua alasan. Pertama, alasan teknologi. Mikroorganisme dapat mengubah bahan mentah/dasar menjadi produk baru, melalui proses fermentasi, misalnya susu menjadi yoghurt, singkong menjadi tape, dan lain-lain. Kedua, alasan kesehatan. Telah terbukti bahwa mikroorganisme probiotik dapat mengurangi kerugian yang ditimbulkan bakteri patogen. Bukti ini diperkuat lagi dengan kenyataan betapa orang Bulgaria, rata-rata berumur panjang karena rajin memakan yogurt. Untuk mendapatkan system pencernaan yang sehat, para ahli pangan telah mempelajari manfaat gizi dan fungsi bahan pangan pada tubuh manusia, termasuk jenis pangan probiotik. Dalam hat ini, menurut Muhammad Yazid Manap PhD, (1998), paling tidak ada empat fungsi utama dari pangan probiotik. Perta- ma, menjaga keseimbangan bakteri usus. Kedua, menurunkan kadar kolesterol darah. Ketiga, mencegah pembentukan sel kanker, dan keempat, membantu pencernaan laktosa.(gula dalam susu), sebab banyak orang Asia yang tidak dapat mencernakan susu, sehingga menyebabkan diare.

Sistem pencernaan sehat
Sementara itu, dalam pandangan FG Winarno, selain serat, zat lain yang dibutuhkan tubuh untuk mengembangkan sistem pencernaan yang sehat adalah antioksidan, seperti vitamin C, betakaroten, dan teh hij au, serta golongan asam, seperti asam amino dan asam folat. Antioksidan berfungsi melindungi sekitar 70 miliar sel tubuh dari proses penuaan dengan cara “menangkap” radikal bebas yang merusak sel-sel, membuat sakit dan penuaan. Vitamin C memperkuat system ketahanan tubuh dan berperan ,dalam pertumbuhan gigi, tu1ang dan darah. Betakaroten adalah bentuk awal vitamin A yang mempertahankan lapisan lender dan memperkuat pertahanan kulit menghadapi infeksi, sedangkan teh hij au membersihkan pembuluh darah dan melindungi sel-sel dari radikal bebas yang merusak dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Asam amino adalah struktur protein terpenting untuk mempertahankan hidup. Jika tidak diperoleh dari asupan makanan, asam amino dalam tubuh akan digunakan untuk proses perbaikan sel. Akibatnya, asam amino cadangan tubuh berkurang dan berdampak nyata pada kulit yang menua, otot cepat kendur, dan melemahnya kekebalan tubuh. Sedangkan asam folat berperan penting dalam proses pembelahan dan pembentukan sel-sel baru. Akhirnya, untuk mencapai tubuh yang sehat dan awet muda, salah satu faktor yang menentukan adalah kondisi kesehatan saluran pencernaan. Dengan adanya teknologi probiotik, kita tidak usah khawatir untuk mencapai kondisi sistem pencernaan yang sehat. Dengan mengonsumsi pangan probiotik, tubuh akan terbantu dalam menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Kalau penasaran, silakan mencoba Arda Dinata AMKL (Staf Loka Litbang Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Ciamis, Balitbang Kesehatan Depkes,
22 Januari 2006.

Buletin CP Edisi Nomor 80/tahun VII

0 komentar: