Pages

Selasa, 09 September 2008

Kemitraan Ayam

Beberapa pilihan kemitraan ayam

1. harga kontrak/garansi, pemiliharaan ayam berdasarkan kontrak yang ditawarka oleh perusahaan ini. Harga sapronak (DOC, Pakan) sudah tertera dalam perjanjian kontrak. Peternak akan mempeoleh sisa hasil usaha dari perhitungan penjualan ayam dikurangi biaya-biaya yang diberikan oelh pihak inti. Selain itu juga peternak bisa mendapatkan tambahan dari insentif performa produksi.

2. maklun/upah kerja, peternak akan mendapatkan hasil usaha dari perhitungan biaya upah kerja per ekor DOC, hasil lain dari insentif performa.

3. semi kemitraan, harga sapronak sudah disepakati, namun untuk harga jual ayam pada saat panen disesuaikan dengan kondisi pasar.

Beberapa keuntungan dan kerugian kemitraan.

1. keuntungan
- Modal relative kecil, tugas peternakan menyediakan kandang, tenaga kerja dan pemeliharaan secara maksimal.
- Keuntungan bisa diprediksi dari masa awal pemeliharaan, hal ini dikarenakan harga sapronak dan harga jual ayam saat panen sudah diketahui dari awal.
- Resiko usaha kecil, jika terjadi kerugian, kerugian peternak tidak sebesar jika beternak secara mandiri.
- Bantuan manajemen pemeliharaan, pihak inti secara rutin mengadakan pendampingan melalui bagian lapangan untuk mendampingi peternak suapay hasil ternaknya optimal.
- Bantuan operasional, pada beberapa perusahaan inti, ada yang memberikan uang untuk operasional pada saat pemeliharaan.
- Insentif performa, insentif diberikan kepada peternak yang bisa memperoleh indeks performa (IP) yang bagus rata-rata >270, selain itu juga ada bonus FCR dan bonus rendahnya kematian, serata bonus selisih harga pasar, jika pada saat panen harga jual ayam lebih tinggi dari harga kontrak, namun hal ini sangat tergantung pada transparansi pihak perusahaan inti.

2. kerugian
- Kualitas dan kuantitas sapronak
- keuntungan peternak "dijatah" oleh perusahaan inti
- Pembayaran sisa hasil usaha yang lambat
- Penentuan waktu panen lebih ditentukan oleh perusahaan inti
- Dikendalikan oleh inti, sehingga peternak sekedar menjadi ”kuli kaya”

Beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum menentukan bermitra dengan perusahaan inti kemitraan:

1. cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan kemitraan di daerah tersebut
2. usahakan terlebih dahulu ketahui penggunaan sapronak (Pakan, DOC)
3. kualtas dan kontinuitas sapronak, hal ini berkaitan dengan hasil usaha
4. usahakan dapatkan brosur (penawaran) harga kontrak, untuk selanjutnya di hitung dan dibandingkan antar perusahaan inti.
5. pertimbangkan waktu panen (umur dan jarak antar panen)
6. pertimbangkan waktu pembayaran sisa usaha (jika untung), dan sistem pembayaran utang (jika rugi)
7. pelayanan pada masa sebelum, pada saat dan setelah selesai masa pemliharaan dan dari perusahaan inti.

Sebuah pilihan
”KULI KAYA atau JURAGAN MISKIN”

43 komentar:

Anonim mengatakan...

punya brosurnya nggak?saya ingin memperhitungkan dulu,kalo bisa sekalian syarat2nya kirim ke email y
cv.bintangterang@yahoo.co.id

ellang pamungkas mengatakan...

kalau ada info mengenai kemitraan daerah sidoarjo/surabaya beserta persyaratanya tolong kirim ke email sy ya bos
ellangtok@yahoo.com
thanks

sandra pratama sutrisno mengatakan...

kang kalo kemitraan broiler buat daerah bandung barat perusahaan yang bisa saya hubungi dimana saja?

toni komara mengatakan...

untuk daerah bandung barat, yang saya tau bisa menghubungi anjawani

sandra pratama sutrisno mengatakan...

alamat email atau telp yang saya bisa hubungi ada\?

toni komara mengatakan...

081320410930 PS Janu Putro, kalo untuk anjawani saya tidak punya no telp/hp nya. makasih

Pauw-Pauw mengatakan...

Salam kenal,

Nama saya Harry, saya ingin belajar lebeh dalam lagi
tetntang ternak unggas potong yang mulai dari DOC hingga dijual lagi ( kemitraan ) caranya bagaimana agar keinginan saya bisa terpenuhi, saya berdomisili di Solo.

Saya tunggu informasi lebih lanjut, terima kasih

toni komara mengatakan...

terima kasih mas harry,
untuk informasi tentang tatalaksana pemeliharaan ayam broiler dari mulai persiapan kandang sampai ayam dipanen, silahkan bisa membuka beberapa artikel yang ada di blog ini. semoga bisa membantu.

terima kasih

Anonim mengatakan...

mas minta info perusahaan kemitraan di parung bogor,,tx

aryo mengatakan...

tolong infonya untuk kemitraan di semarang
klo bs info ke aryoutomo18@gmail.com

thx

Muh. Haerudin mengatakan...

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
SALAM KENAL,


Nama saya Heru, saya tertarik ingin belajar lebIh dalam lagi mengenai peternakan ayam, saya mohon dikirimkan NO telpon sekaligus emailnya PT. ANJAWANI YANG BERADA di daerah JAWAB BARAT khuSusnya BANDUNG, KEBETULAN SAYA TINGGAL DIDAERAH SUMEDANG.
sebelumnya saya mengucapkan TERIMAKSIH,
WASSALAMU'AALIKUM WR. WB.

Muh. Haerudin mengatakan...

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
SALAM KENAL,


Nama saya Heru, saya tertarik ingin belajar lebeh dalam lagi mengenai peternakan ayam, saya mohon dikirimkan NO telpon sekaligus emailnya PT. ANJAWANI YANG BERADA di daerah JAWAB BARAT khuSusnya BANDUNG, KEBETULAN SAYA TINGGAL DIDAERAH SUMEDANG, ini alamat email saya muh.haerudin@yahoo.co.id atau muh.haerudin@pribadiraharja.com
sebelumnya saya mengucapkan TERIMAKSIH,
WASSALAMU'AALIKUM WR. WB.

Eddy suyitno mengatakan...

Asalamualaikum wr.wb..Salam kenal Mas..Saya Eddy suyitno..saya sangat tertarik Untk usaha ternak ayam potong dg sistim kemitraan ini, sbg peluang kerja & usaha krn saya berencana utk pulkam stlh 20 thn merantau..Tolong informasinya dgn Inti mana saya bisa bermitra Untuk Daerah Kandangan - pare Kediri..? Tlg Mas jawabanya di Email saya ' suyitnoeddy@yahoo.com Sebelumnya matursuwun banget mas.

toni komara mengatakan...

mas edy, kalo di daerah kediri saya kurang begitu hapal mas. coba cek ke kemitraan pabrikan.

egi mengatakan...

sy seorang pegawai kantoran yg ingin dan berminat untuk ternak ayam potong (Broiler) bisa ga ya? kasi saraN DONG..

indonesia bisa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
indonesia bisa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
indonesia bisa mengatakan...

saya bisa bergabung ga engan perusahaan yang anda pegang.,.,,,, saya siap menyiapkan kandangkalu boleh saia minta brosur nya kirim saja ke email saya
email : tatanghermawan64@yahoo.com

peternak broiler mengatakan...

Sahabat tolong bantu saya beritahukan alamat untuk bermitra di daerah saya.Provinsi sul-sel.daerah makassar, Kota Palopo. Kalau ada tolong sahabat krim di email saya ya ni email saya.( romawirosi@ymail.com ) makasi sbelumnya.

peternak broiler mengatakan...

tolong berikan saya alamat di daerah saya yang menawarkan jasa kemitraan ayam broiler. SAYA TINGGAL DI PROV.SUL-SEL.DAERAH MAKASSAR.KOTA PALOPO. kalau ada tolong alamatnya dikirim di email saya ya.ni email saya (romawirosi@ymail.com ) terima kasih sbelumnya.

Briket Batubara mengatakan...

maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandung

trims

Briket Batubara mengatakan...

maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandung

trims

Briket Batubara mengatakan...

maap numpang memperkenalkan produk briket batubara , saia produsen briket sejak tahun 2006 , fokus utama pangsa pasar peternakan ayam boiler , bila ada yg membutuhkan bisa menghubungi 081802051188 ( ferry ) , kantor jalan haji sapari no.25 , astana anyar , bandung

trims

poter mengatakan...

salam super,
Perkenalkan nama saya Ari, saya ber domisili di solo, saya ingin bertanya mengenai informasi kemitraan di daerah solo, tolong kirim infonya ke Email saya di "aryma20@yahoo.co.id" atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

poter mengatakan...

salam super,
Perkenalkan nama saya Ari, saya ber domisili di solo, saya ingin bertanya mengenai informasi kemitraan di daerah solo, tolong kirim infonya ke Email saya di "aryma20@yahoo.co.id" atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

HYSOT bandung barat mengatakan...

say rudy ,dr sumedang,
untuk kemitraan di daerah sumedang dmn ya? Makasih

toni komara mengatakan...

untuk wilayah sumedang, kami siap membantu silahkan hubungi 081220888472
terima kasih

lufy retnowati mengatakan...

selamat sore bapak toni komara, dengan saya lufi, mohon di informasikan apabila ada penyewaan kandang ayam, karena saya tertarik untuk bermitra dengan anda, saya tinggal di daerah cimahi, dan ada tempat usaha keluarga saya di daerah cimareme "salon budi" tepat di sebrang sekolah al-azhar, no kontak saya 085659157130, terimakasih.

KERJA ONLAIN mengatakan...

asalamualaikum wr,wb.......

saya sarfin telah melakukan usaha ayam potong selama 5 tahun dan saya telah memiliki atau menguasai 80% dari 100% pasar yang ada di kab.muna SULTRA....., dan sekarang saya ingin meningkatkan usaha saya...menjadi penyedia bibit ayam potong...,itu di karenakan permintaan pasar makin tinggi.

saya sedang mencari perusahaan penyedia bibit ayam potong untuk atau YANG DAPAT DI AJAK berkerja sama dengan saya....,saya menyediakan pasar dan tempat untuk pembibitan di kab.muna SULTRA.
BAGI PERUSAHAAN YG BERMINAT hubungi saya di: 082346089232 dengan BPK. SARFIN

Toto Sriyanto mengatakan...

Numipang lapaknya,Kang Toni. Bagi rekan-rekan yang ingin bermitra ayam broiler bisa menghubungi kami di 085222554550. Kantor kami ada di Daerah Holis Bandung. Mitra kami ekarang sydah tersebar di daerah Cimahi, Ciwidey,Arjasari,Lembang,Cipatat, Nagreg, Cibirudan sebagainya. Terimakasih..

yos hudi mengatakan...

Ass.
saya sudah lama ingin ikut kemitraan ayam potong (boiler).tp saya tidak tau dengan pt mana saya akan bermitra.dan sistem kimitraan apa yg bisa saya ambil.sistim harga kontrakkah.apa sistim bagi hasilkah.atau mungkin ada sistem yg lain lg.
saya punya lahan stgh hektar untuk membuat kandang.dan saya ada di lampung tengah.buat bapak/ibu,mas/mba.yang tau dan mengerti dengen sistem kemitraan ini mohon pengarahan dan penjelasannya.bisa di kirim ke email saya.yoshudi@gmail.com
terima kasih

reza dwimahendra mengatakan...

Saya rezha berdomoposili di solo
Kalau ada yang berminat menyediakan kandang di daerah solo untuk beternak ayam dan sistem bagi hasil bisa mesage ke email metharez89@gmail.com

Antonius A. mengatakan...

slmt siang mas Toni... saya anton dari long ikis-grogot-KALTIM. saya punya rencana mau usaha ternak ayam di daerah saya. boleh pa gak saya bergabung dengan kemitraan Ayam mas Toni.....? kalau boleh tolong kirimkan persyaratan-persyaratan yang harus saya siapkan dan SOP kandang ayam yang bagus. ini alamat email saya: sukomau@gmail.com. Terima kasih

Antonius A. mengatakan...

slmt siang mas Toni... saya anton dari long ikis-grogot-KALTIM. saya punya rencana mau usaha ternak ayam di daerah saya. boleh pa gak saya bergabung dengan kemitraan Ayam mas Toni.....? kalau boleh tolong kirimkan persyaratan-persyaratan yang harus saya siapkan dan SOP kandang ayam yang bagus. ini alamat email saya: sukomau@gmail.com. Terima kasih

toni komara mengatakan...

terima kasih pa antonius sudah berkunjung ke blog saya. mohon maaf untuk sementara ini di tempat kerja saya belum bisa melayani kemitraan di daerah bapa. semoga kedepan kami bisa buka cabang disana. terima kasih.

Aiman mengatakan...

Saya ingin mencari brosur kemitraan ayam potong dimakassar-palopo Sul-sel.teman2 yang ingin membantu saya bisa kirim lewat email saya jasmantono28@gmail.com.terima kasih sebelumnya.

Aiman mengatakan...

Saya berminat dengan usaha kemitraan ayam potong ini.tapi tak tau dimana ambil brosurnya.saya tinggal di palopo-sul-sel.tolong impormasinya lewat imail saya jasmantono28@gmail.facebook aim passolle.terima kasih.

Zhuro Wanto mengatakan...

Mohon pencerahan untuk perusahaan kemitraan di cirebon apa aja & dimana yah alamatnya?.....
klo bisa kirim ke onesttal3@gmail.com
Makasih

Kahar Parewa mengatakan...

Klo kemitraan di sekitar makassar dan takalar dimanaya min? Mohon bantuannya

yayan kristiana mengatakan...

pak toni saya yayan dari bandung, saya berniat untuk mmbuka usaha ternak, bs untuk gabung dengan kemitraan bapak?

toni komara mengatakan...

Mangga pa yayan. Hubungi saya 081220888472

AchaNk mengatakan...

untuk jadi mitra kerja sama lamatnya dmakassar di mana atau nomor hp yg bisa d hubungi????
tolong bntuanya..
kirim lewat email saya saja boss hasanuddin.akhmad@gmail.com

toni komara mengatakan...

terima kasih bang achank. untuk daerah Maksar saya belum ada dan saya belum punya info kemitraan daerah sana. makasih